Apakah hari ini pertama Anda bekerja di perusahaan baru? Bagaimana jika semua karyawan lain sinis karena Anda masih baru? Bagaimana kalau Anda benar-benar kikuk tidak tahu harus dari mana? Bagaimana seandainya Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal? Jangan panik dulu, lakukan hal-hal ini untuk menyesuaikan diri di pekerjaan baru Anda.
Setelah berhari-hari melakukan pencarian kerja yang cukup melelahkan dan penuh penantian yang mendebarkan yang membuat hati tak menentu, Sudah pasti kata-kata “Anda diterima” adalah sebuah alunan nada manis yang Anda tunggu-tunggu. Selamat atas keberhasilan Anda meyakinkan para perekrut bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.
Tetapi bahwa rasa senang itu akan pudar setelah beberapa hari kemudian. Anda akan merasa panik dan gelisah memikirkan bagaimana cara memulai hari-hari baru di kantor baru, lingkungan baru, dan orang-orang baru. Pertanyaan-pertanyaan tak percaya diri akan mulai bergema.
- Bagaimana jika semua orang sinis padamu?
- Bagaimana jika semua karyawan lain sinis karena Anda masih baru?
- Bagaimana kalau Anda benar-benar kikuk tidak tahu harus dari mana?
- Bagaimana seandainya Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal?
Jangan panik dulu, lakukan hal-hal ini untuk menyesuaikan diri di pekerjaan baru Anda khususnya dalam bulan-bulan pertama di pekerjaan barumu. Berikut adalah tips menyesuaikan diri di kantor baru.
Menyesuaikan Diri untuk di Kantor Baru |
Dress to Impress
Menjaga penampilan sangatlah penting dalam dunia profesional. Saat kuliah atau sekolah, mungkin prinsip berpakaian Anda adalah “asal nyaman” atau mungkin “apa yang pertama kali dilihat di lemari” tentu hal ini tak bisa diterapkan di dunia kerja. Tanyakan dress code di kantor baru Anda. Namun ada beberapa perusahaan juga saat ini yang menerapkan aturan berbusana lebih santai (Anda diperbolehkan memakai jins dan kaos), akan tetapi banyak juga yang lebih resmi.
Santai
Pada dasarnya segala ketakutan dan kekhawatiran diatas tadi menandakan bahwa Anda peduli dan menginginkan hasil yang terbaik untuk performamu di kantor baru. Akan tetapi jika terlalu gugup dan panik malah bisa membuat jadi lebih ribet dan sulit. Tariklah nafas dan santailah sedikit. Rencanakan sebuah perjalanan atau lakukan hal-hal menyenangkan sebelum kamu harus masuk kantor baru. Bersantai akan mengalihkan perhatian dan kegugupanmu, sehingga kamu akan merasa lebih fresh ketika hari bekerja tiba.
Percaya Diri
Tips lain yang bisa membuatmu tenang adalah bahwa pewawancara di kantor baru cukup terkesan pada Anda. Mereka pasti telah melihat potensi Anda selama proses penerimaan. Anda mendapatkan tawaran tersebut karena mereka melihat Anda adalah anggota baru yang akan mampu berkontribusi bagi perusahaan. Percayalah pada kemampuan yang Anda miliki dan percayalah bahwa Anda akan dihargai karenanya. Hadapi lembaran baru dalam hidup dengan senyum lebar dan pikiran yang terbuka.
Nyalakan Antusiasme
Selain percaya diri, mulailah lembaran baru di kantor barumu dengan antusiasme dan semangat baru. Datanglah diawal waktu, buat catatan kehadiran yang baik, dan berpartisipasilah dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan kantormu. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda benar-benar pilihan yang tepat dan tidak mengecewakan. Ketika kamu mendapatkan tugas, terbukalah dalam diskusi dan kerjakan dengan percaya diri. Anda mungkin tak langsung diberi tugas-tugas besar, tetapi kerjakan semuanya dengan sebaik mungkin untuk hasil maksimal.
Waspadai Masa Percobaan
Sebagai pegawai baru, mayoritas kantor menerapkan masa percobaan atau probation yang rata-rata berlangsung selama tiga bulan. Performa Anda tentu akan diawasi, jadi datanglah setiap hari untuk membuktikan mereka pantas menerima Anda bekerja. Pikirkan masa percobaan ini sebagai semacam perpanjangan interview, di mana Anda diharapkan tidak hanya menyebutkan kelebihan diri, namun benar-benar membuktikannya. Masa percobaan akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk terus mempekerjakan Anda atau tidak. Lakukan pekerjaan yang diberikan sebaik mungkin, dan perhatikan segala sesuatunya agar Anda tidak perlu bertanya berulang kali. Jangan pernah ragu untuk memberikan pendapat dalam diskusi. Asal masuk akal dan kalau perlu sudah terbukti. Para bos akan menghargai ide-ide segar, jadi jangan segan. Gunakan kesempatan ini untuk mengesankan mereka.
Cari Teman-Teman Baru
Sapaan “halo” atau “hai” yang simpel akan menjadi penolong dalam bergaul dengan teman-teman baru. Jangan ragu untuk membuka percakapan atau bertanya. Rekan kerja Anda juga mengerti bahwa sebagai pegawai baru, Anda membutuhkan bantuan untuk beradaptasi di kantor. Namun, tidak semuanya sugar, spice, and everything nice. Kadang Anda akan memukan orang-orang yang tidak terlalu bersahabat kepada pegawai baru. Jangan patah semangat. Mungkin mereka juga berusaha beradaptasi dengan anggota baru dalam tim dan sedang menunggu waktu yang tepat untuk mendekati Anda. Bersikaplah baik dan ramah. Jangan ragu membantu atau menyapa terlebih dahulu. Ikutlah jika diajak makan siang. Seiring dengan waktu tentunya Anda dan rekan Anda akan menjadi teman yang solid.
No comments:
Post a Comment