Kali ini hunianbrilian.com akan memberikan tips empat cara tetap sehat saat bekerja di kantor. Secara disadari maupun tidak terkadang kita sering bekerja dengan cara yang tidak sehat, padahal seperti yang kita ketahui kesehatan adalah hal yang sangat berharga. Tidak peduli bagaimanapun digantinya uang berobat untuk kedokter dan obatnya juga termasuk jaminan yang diberikan oleh permerinta ataupun kantor, kesehatan pun pasti akan mengganggu kinerja kita, waktu kita dan rencana kita yang telah kita buat sebelumnya jauh-jauh hari.
Cara yang tidak sehat yang kami maksud disini bukan hanya tidak sehat dalam segi fisik saja tapi juga psikis. Dalam segi fisik contohnya adalah sakit leher, sakit pundak atau sakit pada tulang belakang. Bisa juga minus pada mata bertambah karena seringnya didepan monitor komputer. Sedangkan secara psikis, bisa terjadi cepat jenuh, cepat lelah, cepat marah dan akhirnya mungkin bisa juga menyebabkan stress.
Selain itu, menghabiskan waktu 7 sampai 8 jam dikantor pasti sedikit banyak akan ikut mempengaruhi gaya hidup dan pola makan sehat Anda. Dan hal ini baik disadari atau tidak banyak dari kita memiliki gaya hidup yang tidak sehat saat di kantor. Ditambah banyaknya pekerjaan dan aktivitas kantor kerap melupakan aktivitas berolahraga.
Cara yang tidak sehat yang kami maksud disini bukan hanya tidak sehat dalam segi fisik saja tapi juga psikis. Dalam segi fisik contohnya adalah sakit leher, sakit pundak atau sakit pada tulang belakang. Bisa juga minus pada mata bertambah karena seringnya didepan monitor komputer. Sedangkan secara psikis, bisa terjadi cepat jenuh, cepat lelah, cepat marah dan akhirnya mungkin bisa juga menyebabkan stress.
Selain itu, menghabiskan waktu 7 sampai 8 jam dikantor pasti sedikit banyak akan ikut mempengaruhi gaya hidup dan pola makan sehat Anda. Dan hal ini baik disadari atau tidak banyak dari kita memiliki gaya hidup yang tidak sehat saat di kantor. Ditambah banyaknya pekerjaan dan aktivitas kantor kerap melupakan aktivitas berolahraga.
Ada seorang ahli Osteorapi dan penulis buku "The Body Doesn’t Lie", Vicky Vlachonis berbagi tentang empat cara sehat yang harus Anda lakukan di tempat kerja, khususnya di perkantoran. Berikut penjelasan dokter wanita tersebut, seperti dilansir dari Womenshealthmag, Sabtu (14/11).
Merapikan ruang kerja
Vlachonis mengatakan, ruang kerja memiliki pengaruh besar terhadap suasana hati Anda dan mampu untuk mengatasi stres. Dalam sebuah studi di Princeton University, peneliti menemukan bahwa lingkungan yang berantakan akan mengurangi kemampuan otak Anda untuk fokus, bahkan bisa stres.
Jadi, buanglah kertas-kertas yang tidak terpakai dan pasang beberapa foto untuk membuat meja Anda merasa sedikit lebih santai dan ceria.
Mengisi laci dengan camilan sehat
Usahakan Anda memesan meja kantor yang dilengkapi laci. Menurut Vlachonis, dengan begitu Anda akan memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk menyehatkan tubuh Anda.
“Isilah laci Anda dengan camilan sehat seperti buah, kacang-kacangan, popcorn (non-mentega), dan apapun yang membuat Anda merasa sehat,” jelasnya.
Menyiapkan minyak oles
Menurut Vlachonis, minyak atsiri yang terkandung dalam tanaman dapat menjadi tambahan di laci kesehatan Anda. Anda bisa menggunakan dengan cara membukanya kemudian menghirupnya, dengan menggosoknya, atau juga bisa menempatkan beberapa tetes dalam air Anda. Minyak tersebut dapat meningkatkan sistem pencernaan dan membantu melawan stres.
“Jika Anda merasa sakit kepala saat stres, oleskan beberapa tetes minyak cedarwood ke tangan Anda antara ibu jari dan jari telunjuk, dan pijatlah selama 10 sampai 15 detik. Ini akan membantu meredakan ketegangan dan sakit kepala,” Kata Vlacchonis.
Meminum air yang banyak
Banyak waktu yang Anda habiskan di kantor setiap hari, sehingga kadang Anda tidak mampu untuk menahan hidrasi sampai Anda pulang kerja. Jika Anda mempunyai kebiasaan buruk ini, Anda akan sakit kepala, sembelit, dan kelelahan. Jadi, ambillah sebotol air untuk bekerja setiap hari, dan segera isi ulang jika habis. Memang tumpukan pekerjaan seringkali membuat Anda sering lupa minum. Berhati-hatilah, jangan biarkan hal ini menjadi kebiasaan. Minum air dalam jumlah yang cukup justru membuat Anda lebih berenergi dan tidak mudah lelah. Selain itu kebiasaan ini juga akan membantu otak Anda bekerja lebih baik dan menghindari kantuk
Sebenarnya masih ada beberapa tips lain juga yang dapat juga Anda aplikasikan pada saat dikantor misalnya
Menghindari Lift saat naik dan turun lantai
Ini adalah masalah yang sederhana namun kerap disepelekan. Ada baiknya untuk memilih tangga dari pada naik lift saat naik dan turun lantai kantor. Naik dan turun tangga juga merupakan olahraga yang baik untuk stamina dan juga kekuatan tahan tubuh, terutama kaki. Dan yang paling penting, naik tangga juga memmbantu untuk membakar kalori dalam tubuh lebih banyak. Tentunya hal ini tidak berlaku bagi kantor yang memiliki one way exit, dimana tangga nya hanya dapat diakses dari luar/ koridor, tidak dari dalam (tangga).
Beristirahat sejenak
Disadari atau tidak, terlalu banyak duduk akan membuat Anda semakin stress, dan berfikiran tidak jernih. Jika mulai jenuh, cobalah untuk jalan-jalan sebentar. Misalnya jalan-jalan ke taman atau bercanda dengan teman kantor, tapi ingat, jangan terlalu lama karena selain kerjaan Anda tidak kunjung selesai juga mengganggu rekan kerja yang lain.
Berkediplah lebih sering
Tanpa disadari saat sedang konsentrasi dalam bekerja, mata Anda jarang berkedip. Jarang berkedip membuat Anda jadi sering cepat lelah dan mengantuk. Berkediplah sesering mungkin pada saat istirahat atau sesekali alihkan pandangan dari komputer ke suasana lain, apalagi jika ada taman, tentu akan lebih baik lagi.
No comments:
Post a Comment