=== RS Hermina Podomoro Sunter kini sudah Pindah Ke Hermina Tower Kemayoran === Pendaftaran Via whatsapp di 0865 9415 5353 atau telpon ke +62 21 22608046

Nov 10, 2015

Pusat Perbelanjaan di sekitar Hermina Tower

Dengan lokasi yang matang, sebenarnya sudah banyak Pusat Perbelanjaan di sekitar Hermina Tower, Untuk saat ini saja dalam radius kurang dari 10 km sudah banyak lokasi pusat belanja besar untuk menengah keatas. Hal ini dikarenakan, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, awalnya adalah Bandara Internasional dengan luas 454 Ha. Kemudian berdasarkan tata ruang khusus DKI tahun 1985-2005, akan dibangun menjadi pusat Informasi perdagangan dan jasa pelayanan berskala internasional. Ini berarti kedepannya Kemayoran akan menjadi Pusat perdagangan internasional dan akan menjadi CBD selanjutnya.



Pusat Perbelanjaan di sekitar Hermina Tower, terdiri dari berbagai macam tingkat mulai dari pusat grosir, sampai dengan mall, mulai dari spesifik tertentu seperti Harco electronik, sampai yang lebih plural seperti ITC.

Mall sebenarnya adalah pengembangan dari pusat perbelanjaan yang umumnya dipadukan dengan sarana rekreasi dan juga hiburan. Dan biasanya bentuknya berupa koridor yang panjang. Jenis barang yang diperdagangkan adalah barang kebutuhan sehari-hari sampai kebutuhan khusus. Mal biasanya juga memiliki arsitektur berupa bangunan tertutup dengan suhu yang diatur sedemikian rupa dan memiliki jalur untuk berjalan jalan yang nyaman dan teratur sehingga berada di antara antar toko-toko kecil yang saling berhadapan. Karena bentuk arsitektur bangunannya yang melebar (luas), umumnya sebuah mal memiliki tinggi tiga lantai atau lebih.

Ritel sesungguhnya merupakan salah satu industri paling dinamis. Dilihat dari segi kondisi sosial, ekonomi, demografi, dan perubahan gaya hidup adalah faktor-faktor yang utama yang menyebabkan terjadinya pergeseran dalam tema dan konsep industri ritel. Dan karena itulah, seiring dengan perubahan keadaan ekonomi, berbagai macam pusat perbelanjaan telah bermunculan di Indonesia bahkan sudah menjadi trend dan nilai tolak ukur kemajuan dari suatu daerah.

Kawasan Kemayoran memang berlokasi diarea yang cukup berdekatan dengan lokasi pusat perdagangan tempo dulu. Sejarahnya memang sebelum tahun 1980-an, pasar-pasar tradisional, ruko-ruko, dan toko-toko memang berdiri sendiri dan merupakan konsep dan bentuk utama dari industri ritel di Jakarta. Dengan perkembangan ekonomi yang cukup baik saat itu,  pusat perbelanjaan pertama di Jakarta, seperti Gajah Mada Plaza dan Glodok juga Mangga Dua, telah menikmati masa kejayaannya. Pertumbuhan ekonomi yang cukup  tinggi akibat deregulasi perbankan di akhir tahun 1980-an itu ditambah dengan meningkatnya kemakmuran masyarakat mengakibatkan pembangunan pusat perbelanjaan berkembang pesat.

Kini bentuk dan konsep baru serta ide-ide yang kreatif tentang bagaimana berbelanja dengan lebih nyaman dan lebih menyenangkan dengan lokasi yang mudah dicapai menjadi faktor utama dari suksesnya pembangunan suatu pusat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pengunjungnya.Hal ini meliputi aspek dari hardware maupun software dari pembangunan pusat perbelanjaan itu.Untuk menambah suasana santai dan menyenangkan, beberapa elemen baru seperti kombinasi jenis toko yang lebih menarik, diciptakannya bentuk dan konsep baru di luar kebiasaan ritel umumnya, dan ditunjang dengan strategi promosi yang kuat, adalah kunci menarik pasar yang lebih luas.

Pada akhirnya kesuksesan itupun tergantung juga dari para peritel itu sendiri.Harus lebih jeli, kreatif dan fleksibel dengan segala faktor-faktor yang berhubungan dengan operasionalnya, mulai dari perencanaan, desain, manajemen, dan barang-barang yang dijual untuk mencapai suatu pengalaman berbelanja yang menyenangkan dari para pengunjungnya. Pembeli pun akan berubah dan bertumbuh semakin cerdas dengan berjalannya waktu, dan dengan demikian juga kembali lagi peritel pun harus menyesuaikan diri dengan perubahan ini.

Tercatat lebih dari 20 tempat yang baik untuk berbelanja antara lain adalah : 
  1. Mall Artha Gading
  2. Mall of Indonesia
  3. Lottemart Kelapa Gading
  4. Mall Kelapa Gading
  5. Kelapa Gading Trade Center
  6. ITC Cenpaka Putih
  7. Transmart Cempaka Putih
  8. Pasar Senen Jaya dan Plaza Atrium Senen
  9. Lindeteves Trade Center
  10. Mangga Dua Square
  11. WTC Mangga Dua
  12. Harco Mangga Dua dan Orion Dusit Mangga Dua
  13. ITC Mangga Dua dan Pasar pagi Mangga Dua
  14. MGK Kemayoran
  15. Pekan Raya Jakarta
  16. dll
Demikianlah pusat perbelanjaan Hermina Tower Kemayoran di Jakarta Pusat, dan kedepannya akan ada perkembangan baru lagi mengingat di Kemayoran itu sendiri saat ini sedang dalam masa pengembangan oleh beberapa developer besar. 

No comments:

Post a Comment